Cara Kerja Lie Detector



Mesin poligraf yang kerap disebut Lie Detector adalah alat yang biasa digunakan oleh para polisi atau dinas keamanan di negara manapun.
Lie detector digunakan untuk mnegukur respon fisiologis tubuh,secara teori orang ternyata gelisah dengan kebohongannya dan hal itu memicu beberapa perubahan dalam tubuh manusia tersebut.
Hal-hal yang biasanya terjadi ketika seseorang berbohong adalah sebagai berikut:
1.Menghasilkan keringat lebih banyak
2.Bernapas lebih cepat dan mengalami perubahan dalam denyut jantung atau tekanan darah.
Pada umumnya manusia memiliki sekitar 2,9 juta kelenjar keringat di kulit dan mayoritas tersebar di tangan dan mesin ini akan mendeteksi resistensi listrik pada kulit.
Cara bekerjanya alat ini adalah sebagai berikut:
Pelat jari dilekatkan pada dua jari subject dan pelat ini akan mengukur kemampuan kulit dalam menyalurkan listrik karena pada saat berkeringat kulit jauh lebih mudah menyalurkan listrik daripada saat kering.
Alat deteksi kebohongan pada jaman dahulu adalah dengan menaruh tepung ke dalam rongga mulut tersangka karena jika ia mudah menelan tepung yang ada di dalam rongga mulutnya ternyata ia tidak bersalah sedangkan jika tersangka kesulitan untuk menelan tepung yang ada dalam rongga mulutnya ia dianggap bersalah.

0 komentar:

Posting Komentar